CARA AMPUH ATASI HARDISK PANAS

adsense 336x280


Sekedar berbagi Informasi, Terkadang permasalahan hardisk bukanlah pada kerusakan semata yang disebabkan oleh Bad Sector, sedangkan bad sector ada dalam dua kategori yaitu bad sector ringan dan bad sector parah (physical bad), Bad Sector yang yang ringan atau cenderung pada permasalahan cluster yang bisa dipulihkan dengan beberapa langkah software saja (fix bad Cluster) dan hardisk bisa dikembalikan pada posisi normal seperti semula, sedangkan Bad Sector Physical adalah kerusakan parah yang dikarenakan oleh perubahan magnetasi atau kondisi hardisk mengeluarkan bunyi sehingga hardisk tidak dapat diperbaiki dan disarankan untuk diganti dengan hardisk yang baru.


Namun disini saya coba untuk menjelaskan permasalahan hardisk yang disebabkan oleh tingkat suhu yang panas (overheat) dengan suhu diatas 39CO, hal seperti ini terkadang kita semua banyak mengabaikannya dan entah harus bagaimana cara mengetahui dan mengatasinya sehingga bisa dilakukan beberapa  cara untuk memperbaikinya.

Permasalahan seperti suhu yang panas berlebihan pada hardisk banyak mengakibatkan proses berjalannya Operating System (OS) tidak berkerja dengan normal dan berdampak proses loading lambat dan kita sangat jengkel dibuatnya. Bahkan ada yang berusaha dan mencoba untuk format ulang OS / Windows akan tetapi hasilnya tetap sama alias Lemot dan sering hank.

Beberapa langkah untuk mengetahui suhu Hardisk (Temperature HDD) adalah sebagai berikut :

Pertama anda persiapakan salah satu software atau aplikasi yang bisa mendeteksi suhu hardisk
Kedua saya akan coba dengan aplikasi Crystal Disk Info 3.1.dan bisa kamu download di SINI.
Ketiga kamu jalankan aplikasi tersebut sehingga bisa terlihat hasil dari temperature hardisk tersebut
Apabila Hardisk (HDD) dalam kondisi menerangkan suhu GOOD maka bisa dikatakan hardisk kamu masih layak dengan suhu yang masih Normal.
Apabila Hardisk (HDD) dalam kondisi menerangkan suhu CAUTION maka bisa dikatakan hardisk kamu tidak layak dengan suhu yang  Tidak Normal.
Setelah ditemukan informasi tersebut kamu bisa mengambil langkah apabila hardisk (HDD) kamu mengalami suhu yang tidak normal (CAUTION).


  1. Langkah-langkahnya :       


  •                               
  • Bersihkan hardisk kamu dengan mencabut dan memeriksanya terlebih dahulu dengan membersihkannya
  • Lakukan pemeriksaan Sirkulasi udara yang terdapat pada tempat hardisk atau Box PC/Laptop kamu dan usahakan semua bersih dan layak.
  • Tempatkan hardisk kamu dengan menyimpannya dengan benar atau dibaut rapih
  • Ganti lapisan elemen alumunium dengan yang baru atau anda bersihkan saja dengan baik sehingga sirkulasi panas pada hardisk bisa dalam keadaan baik.
  • Tempatkan PC / Laptop anda pada tempat yang sejuk dan tidak terlalu panas atau lembab
  • Sirkulasi udara pada ruangan yang kamu pakai untuk PC / Laptop harus benar-benar baik agar udara bisa bersirkulasi dengan normal.
Pergunakan pemakaian RAM / memory yang tidak berlebihan atau tidak sesuai dengan batasan penggunaan memory pada spesifikasi mainboard.


SEMOGA BERMANFAAT
Sumber:http://mctn-mc.blogspot.co.id

TONTON VIDEO KONYOL
DISINI
adsense 336x280

0 Response to "CARA AMPUH ATASI HARDISK PANAS"

Post a Comment